PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN METODE PEMBELAJARAN PEER EDITING PADA SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 1 WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Main Author: Bagiya, Isrom Setiyadi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , 2015
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya-bahtera/article/view/3766
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya-bahtera/article/view/3766/3548
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Berdasarkan hasilpenelitianinidisimpulkan, (1) penerapan metode peer editing dalam menulis deskripsi, dilaksanakandengansiswa menulis tugas secara individual, siswa berpasangan dengan teman sebangku dan saling bertukar draft tugas untuk diedit oleh temannya. Editor memberi tanda evaluasi dan komentar secara langsung pada tugas tersebut dengan menukarkan peer review form. Siswa merevisi tugasnya dengan mengikutsertakan ulasan editor. (2)Berdasarkan hasil observasi, terlihat bahwa kesiapan siswa meningkat dari prasiklus (42,50%), siklus I (55,00%) menjadi (62,50%) pada siklus II. Respon siswa meningkat dari prasiklus (50,00%), siklus I (62,50%) menjadi (72,50%) pada siklus II. Sikap siswa meningkat dari prasiklus (57,50%), siklus I (67,50%) menjadi (87,50%) pada siklus II. Siswa aktif meningkat dari prasiklus (45,00%), siklus I (72,50%) menjadi (90,50%) pada siklus II. Keseriusan siswa meningkat dari prasiklus (45,00%), siklus I (87,50%) menjadi (92,00%) pada siklus II. Berdasarkan hasil lembar kuisioner, semua siswa menyatakan motivasi dan ketertarikannya terhadap metode pembelajaran peer editing meningkat. (3)peningkatan keterampilan menulis deskripsi dapat diketahui dari hasil prasiklus, siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata kelas pada prasiklus sebesar 64,25%, pada siklus I meningkat menjadi 74,00%. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas meningkatsebesar 77,75% dan sudah mencapai KKM 75. Kata Kunci: Keterampilan MenulisDeskripsi, MetodePeer Editing