KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA BAGAN DINDING (WALL CHART) DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA WIDYA KUTOARJO

Main Author: Sarifah, Siti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , 2015
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya-bahtera/article/view/2498
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya-bahtera/article/view/2498/2347
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh media bagan dinding terhadap aktivitas belajar siswa dalam menulis karangan argumentasi, serta peningkatan kemampuan menulis karangan argumentasi setelah memperoleh pembelajaran dengan media bagan dinding. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa, (1) aktivitas belajar siswa dalam menulis karangan argumentasi pada tahap prasiklus masih sangat rendah. Pada tahap siklus I, aktivitas belajar siswa meningkat. Pada tahap siklus II, aktivitas belajar siswa lebih meningkat dibandingkan dengan tahap-tahap sebelumnya; (2) Pada tahap prasiklus, proses pembelajaran belum menggunakan media bagan dinging, nilai total rata-rata kelas sebesar 55,79. Pada siklus I, mulai dilakukan pembelajaran dengan media bagan dinding, nilai total rata-rata kelas meningkat menjadi 67,11. Pada siklus II, nilai total rata-rata kelas kembali meningkat menjadi 75,00. Kata kunci: keefektifan, media bagan dinding, kemampuan menulis argumentasi