NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BUKU PUISI KEPAYANG KARYA ABDUL WACHID BS SEBAGAI SEBUAH CONTOH PEMAKNAAN PUISI (KAJIAN SEMIOTIKA MICHAEL RIFFATERRE)

Main Author: Mudrikah, Yanwi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , 2015
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya-bahtera/article/view/2457
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya-bahtera/article/view/2457/2306
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan Islam dalam buku puisi Kepayang karya Abdul Wachid BS berdasarkan kajian Semiotik Michael Riffaterre dan sebagai contoh pemaknaan puisi dengan kajian semiotik Michael Riffaterre. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dalam bentuk deskripsi, karena dikaitkan dengan hakikat penafsiran dengan penekanan hasil penelitian berupa gambaran secara obyektif tentang keadaan sebenarnya dari obyek yang diteliti kemudian diinterpretasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku puisi Kepayang karya Abdul Wachid BS memuat nilai-nilai pendidikan Islam dan buku puisi Kepayang karya Abdul Wachid BS dapat sebagai contoh pemaknaan puisi dengan teori semiotik Michael Riffaterre, yaitu yang berupa nilai pendidikan keimanan (Rukun Iman) yang meliputi: Iman kepada Allah, Iman kepada Malaikat, Iman kepada Kitab Allah, Iman kepada Rasul Allah, Iman kepada Hari Kiamat, dan Iman kepada Qadha dan Qadhar. Kemudian nilai pendidikan ibadah (Rukun Islam) yang meliputi: Syahadat, Shalat, Zakat, Puasa, dan Haji. Kata Kunci: Nilai Pendidikan Islam, Puisi, Semiotika, Rukun Islam, dan Rukun Iman