FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN MENGKONSUMSI HABBATUSSAUDA CAP KURMA AJWA DI KABUPATEN PURWOREJO

Main Authors: Murtiningsih, - -; Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purworejo, Utami, Dyah Panuntun; Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purworejo, Wicaksono, Istiko Agus; Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purworejo
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2013
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya-agritama/article/view/342
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya-agritama/article/view/342/365
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Deskripsi konsumen dalam mengkonsumsi Habbatussauda cap Kurma Ajwa di Kabupaten Purworejo; 2) Sikap konsumen terhadap habbatussauda cap Kurma Ajwa; dan 3) Pengaruh motivasi, persepsi, dan sikap terhadap keputusan mengkonsumsi Habbatussauda cap Kurma Ajwa. Jumlah sampel dalam penelitian adalah 97 responden. Penelitian menggunakan metode analisis deskriptif, analisis sikap Angka Ideal, dan regresi berganda. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara purposive dan pengambilan sampel secara judgement sampling. Konsumen sebagian besar beralasan mengkonsumsi Habbatussauda cap Kurma Ajwa karena alasan kesehatan (64,95%). Lama responden mengkonsumsi habbatussauda Cap Kurma Ajwa sebagian besar 1 tahun sampai kurang dari 3 tahun (45,36%). Sikap konsumen terhadap Habbatussauda cap Kurma Ajwa sebesar 2,12 yang terletak pada posisi kurang dari 6,294 artinya sikap konsumen Habbatussauda cap Kurma Ajwa sangat baik. Atribut pada Habbatussauda cap Kurma Ajwa yang terdiri dari aroma, harga dan kemasan diterima dengan baik oleh konsumen. Hasil analisis regresi diketahui bahwa koefisien determinasi sebesar 0,479 (47,9%). Hal ini berarti sebesar 47,9% keputusan konsumen mengkonsumsi Habbatussauda cap Kurma Ajwa dapat dijelaskan oleh variabel motivasi, persepsi dan sikap. Selebihnya sebesar 52,1% keputusan konsumen mengkonsumsi Habbatussauda cap Kurma Ajwa dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model. Variabel yang berpengaruh nyata pada keputusan konsumen mengkonsumsi Habbatussauda cap Kurma Ajwa adalah persepsi konsumen dan motivasi konsumen. Sikap konsumen tidak berpengaruh terhadap keputusan konsumen mengkonsumsi Habbatussauda cap Kurma Ajwa. Kata Kunci : Habbatussauda, Sikap, dan Keputusan Konsumen