Efektivitas LKPD berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA Negeri 1 Imogiri
Main Authors: | Marhaeni, Nafida Hetty, Andriyani, Andriyani, Rusmilah, Rusmilah |
---|---|
Other Authors: | SMA Negeri 1 Imogiri |
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
UM Purworejo
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya/article/view/7607 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya/article/view/7607/pdf |
Daftar Isi:
- Kemampuan pemecahan masalah berguna untuk melatih peserta didik menghadapi berbagai permasalahan yang semakin kompleks. Bahan ajar yang belum mengintegrasikan kemampuan tersebut perlu digunakan. Sehingga, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan LKPD berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pretest posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol, masing-masing kelas berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan soal tes kemampuan pemecahan masalah pda materi determinan dan invers matriks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan LKPD berbasis problem based learning efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Hal ini dikarenakan LKPD berbasis problem based learning membimbing peserta didik agar mahir dalam memecahkan masalah, memiliki strategi memecahkan masalah sendiri, menjadikan masalah sebagai starting point yang dapat merangsang kemampuan pemecahan masalah peserta didik, dan LKPD memuat stimulasi kemampuan partisipasi peserta didik dalam tim. Hal tersebut didukung dengan hasil analisis data dimana berdasarkan uji one sample t-test menunjukkan bahwa signifikansi (2-tailed) kurang dari signifikansi (0,000 < 0,05), yang berarti penggunaan LKPD berbasis problem based learnig lebih efektif daripada kelas dengan penggunaan LKPD sekolah. Selain itu, berdasarkan uji perbedaan rata-rata juga menunjukkan bahwa peningkatan rata-rata untuk kelas eksperimen lebih besar daripada peningkatan rata-rata kelas kontrol (42,05>22,50). Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKPD berbasis problem based learnining efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA Negeri 1 Imogiri.