Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran daring berbantuan Whatsapp
Main Authors: | Muzaki, Rudi, Ponoharjo, Ponoharjo, Oktaviani, Dian Nataria |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
UM Purworejo
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya/article/view/7409 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya/article/view/7409/pdf |
Daftar Isi:
- Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran daring yang berbantuan Whatsapp pada materi Pokok Bangun Segiempat Dan Segitiga kelas VII I SMP Negeri 5 Adiwerna Kabupaten Tegal. Pengambilan subjek menggunakan purposive sampling dari nilai tes kemampuan komunikasi matematis sebanyak 6 subjek yaitu masing-masing 2 subjek dengan kemampuan komunikasi matematis tinggi, 2 subjek dengan kemampuan komunikasi matematis sedang, dan 2 subjek dengan kemampuan komunikasi matematis rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes dan wawancara untuk mendapatkan data kemampuan komunikasi matematis. Hasil analisis penelitian menunjukan bahwa : Kemampuan komunikasi matematis untuk subjek dengan kemampuan komunikasi matematis tinggi memenuhi lima indikator kemampuan komunikasi matematis , subjek dengan kemampuan komunikasi matematis sedang memenuhi tiga indikator kemampuan komunikasi matematis dan subjek dengan kemampuan komunikasi matematis rendah memenuhi dua indikator kemampuan komunikasi matematis.Adapun saran Bagi siswa sebaiknya lebih banyak membaca, memahami penulisan simbol dan makna dalam matematika, serta memahami rumus sebuah konsep matematika. siswa harus lebih teliti dalam melakukan proses penyelesaian soal. Selain itu juga, siswa dapat membiasakan diri berlatih mengerjakan latihan soal adar dapat menyusun jawaban untuk menyelesaikan soal, menjawab soal yang telah diberikan sehingga siswa dapat menyelesaikan dan menyimpulkan dari pertanyaan yang diberikan.