EFEKTIFITAS METODE YANBU’A DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN TAḤFĪẒ AL-QUR’AN DI SMP IT AL-ANIS KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Main Authors: Wicagsono, Muhammad Arif, Inayati, Nurul Latifatul
Other Authors: Universitas Muhammadiyah Surakarta
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Surakarta , 2018
Subjects:
Online Access: http://journals.ums.ac.id/index.php/suhuf/article/view/7640
http://journals.ums.ac.id/index.php/suhuf/article/view/7640/4368
Daftar Isi:
  • Program menghafal al-Qur’an sudah menjadi program unggulan di Sekolah.Prosesmenghafal al-Qur’an tentunya memerlukan metode pembelajaran yang efektif. Salah satu metode menghafal al-Qur’an yang sudah diterapkan di Indonesia adalah metode Yanbu’a. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah proses pembelajaran taḥfīẓ al-Qur’an melalui metode Yanbu’a di SMP IT al-Anis (2) Apakah Metode Yanbu’a efektif dalam meningkatkan kemampuan taḥfīẓ Qur’an di SMP IT al-Anis. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji proses pembelajaran taḥfīẓ al-Qur’an melalui metode Yanbu’a di SMP IT al-Anis Kartasura dan mengetahui efektivitas penerapan metode Yanbu’a dalam meningkatkan programtaḥfīẓ al-Qur’an di SMP IT al-Anis.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan oktober 2017- Januari 2018.Data diperoleh dari hasil observasi, dokumen dan berdasarkan hasil wawancara bersama Kepala sekolah, guru dan siswa SMP IT al-Anis. Teknik analis dengan model lengkap dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Taḥfīẓ al-Qur’an di SMP IT al-Anis Kartasura dengan metode Yanbu’a dilaksanakan melalui program yang bernama Program Takhasus al-Qur’an. Sistem menghafal dibagi menjadi dua, yaitu satu hari menghafal ayat, dan hari berikutnya hanya mengulang hafalan. Siswa menghafal dua, empat, lima sampai tujuh ayat perhari. Dalam rangka peningkaan kualitas hafalan, siswa diwajibkan menulis ayat. Masing-masing kelas Takhasus diampu oleh dua guru, guru memberikan pengawasan terhadap prestasi hafalan, ketertiban siswa dalam melaksanakan tugas menulis, sholat wajib dan sunnah lewat buku khusus monitoring. Dari penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa Metode Yanbu’a efektif dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an siswa di SMP IT al-Anis Kartasura.