Pengembangan Structural Equation Modeling pada Moderasi Kepribadian Terhadap Indeks Prestasi Dosen Menggunakan Metode Split (Score Factor)

Main Authors: Zeinita, Amelia, Otok, Bambang Widjanarko
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Statistika Unisba , 2010
Online Access: http://ejournal.unisba.ac.id/index.php/statistika/article/view/1017
http://ejournal.unisba.ac.id/index.php/statistika/article/view/1017/607
Daftar Isi:
  • Tujuan suatu perguruan tinggi melakukan manajemen pendidikan adalah untuk menghasilkanmahasiswa yang berkualitas dan mampu bersaing di segala bidang. Proses pembelajaran melibatkandosen sebagai faktor penting dalam kegiatan pembelajaran di instansi perguruan tinggi yaitu sebagaitransfer mahasiswa dengan dunia kerja. Dalam proses pembelajaran, dosen harus memilikikompetensi sebagai pendukung proses belajar mengajar. Penelitian ini akan mengkaji pola hubunganempat kompetensi dosen yang tercantum dalam UU RI no 14 tahun 2005, yiatu pedagogik,profesional, sosial dan kepribadian. Metode analisis yang dipakai adalah Confirmatory FactorAnalysis (CFA) untuk mengkonfiirmasi indikator-indikator terhadap variabel laten, dan juga modelModerating Structural Equation Modeling (MSEM) untuk mengetahui pengaruh moderasi(kepribadian). Hasil penelitian adalah kepribadian sebagai variabel moderasi berpengaruh terhadaphubungan antara kompetensi profesional dan sosial terhadap pedagogik.