Good Corporate Governance Sebagai Pemoderasi Pengaruh Profitabilitas dan Corporate Social Responsibility pada Nilai Perusahaan
Main Authors: | Indra Wijaya, I Putu, Putu Wirawati, Ni Gusti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Accounting Department, Economic and Business Faculty of Universitas Udayana in collaboration with the Association of Accounting Department of Indonesia, Bali Region
, 2019
|
Online Access: |
https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/44965 https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/44965/28193 |
Daftar Isi:
- The purpose of this study is to obtain empirical evidence regarding GCG as a moderating effect of profitability and CSR on the value of the companies of all companies listed on the Stock Exchange for the period 2013-2016. The results of the study found that profitability and CSR had a positive effect on firm value. GCG is able to strengthen the influence of CSR on corporate value, but GCG is not able to moderate the effect of profitability on company value. The results of this study are expected to be able to provide information for companies regarding the importance of increasing profitability, CSR disclosure and GCG implementation so that later it can increase the value of the company. The results of this study are expected to be able to provide information for interested parties as a basis for making investment decisions. Keywords: Firm value, profitability, CSR, GCG
- Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan bukti empiris mengenai GCG sebagai pemoderasi pengaruh profitabilitas dan CSR pada nilai perusahaan seluruh perusahaan yang terdaftar di BEI periode 2013-2016. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah metode nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Jumlah perusahaan yang memenuhi kriteria adalah 14 perusahaan dengan jumlah amatan sebanyak 46. Teknik analisis data yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis. Hasil penelitian menemukan bahwa profitabilitas dan CSR berpengaruh positif pada nilai perusahaan. GCG mampu memperkuat pengaruh CSR pada nilai perusahaan, namun GCG tidak mampu memoderasi pengaruh profitabilitas pada nilai perusahaan. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan informasi bagi perusahaan terkait pentingnya meningkatkan profitabilitas, pengungkapan CSR dan penerapan GCG sehingga nantinya dapat meningkatkan nilai perushaan. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan informasi bagi pihak-pihak yang berpekentingan sebagai dasar pengambilan keputusan investasi. Kata kunci: nilai perusahaan, profitabilitas, CSR, GCG