Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Pajak, Biaya Kepatuhan Pajak, dan E-filling Pada Kepatuhan WPOP Non PNS

Main Authors: Wiryadana, Ida Bagus Komang, Merkusiwati, Ni Ketut Lely Aryani
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Accounting Department, Economic and Business Faculty of Universitas Udayana in collaboration with the Association of Accounting Department of Indonesia, Bali Region , 2018
Online Access: https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/41793
https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/41793/26967
Daftar Isi:
  • Tax compliance is the behavior of a taxpayer in performing all tax obligations and use his taxation rights by sticking to the regulations of taxation legislation. The issue of tax compliance that has occurred in recent years is non-tax compliance. This non-compliance will result in tax evasion and embezzlement causing reduced tax revenue to the state coffers. The purpose of this study is to determine the effect of service quality, tax sanctions, tax compliance fees, and the application of e-filling on compliance reporting Individual Taxpayer (WPOP). This study was conducted in KPP Pratama Denpasar Timur. The number of samples is 100 WPOP non PNS, with nonprobability sampling method with purposive sampling technique. Data collection was done through interview, observation and questionnaire. The analytical technique used in this study is multiple linear regression. Based on the analysis result obtained service quality, taxation sanction, and application of e-filling have a positive effect on WPOP compliance, while tax compliance cost have negative effect on WPOP compliance. Keywords : service quality, tax sanction, compliance cost, and e-filling
  • Kepatuhan wajib pajak adalah perilaku dari seorang wajib pajak dalam melakukan semua kewajiban perpajakan dan menggunakan hak perpajakannya dengan tetap berpatokan kepada peraturan perundang-undangan perpajakan. Isu mengenai kepatuhan perpajakan yang terjadi beberapa tahun terakhir ini adalah ketidakpatuhan perpajakan. Ketidakpatuhan ini akan menimbulkan penghindaran dan penggelapan pajak yang menyebabkan berkurangnya penerimaan pajak ke kas negara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, sanksi pajak, biaya kepatuhan pajak, dan penerapan e-filling pada kepatuhan pelaporan Wajib Pajak Orang Pribadi (WPOP).Penelitian ini dilakukan di KPP Pratama Denpasar Timur. sampel yang diambil sebanyak 100 WPOP non PNS, dengan metode nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda.Berdasarkan hasil analisis diperoleh kualitas pelayanan, sanksi perpajakan, dan penerapan e-filling berpengaruh positif pada kepatuhan WPOP, sedangkan biaya kepatuhan pajak berpengaruh negatif pada kepatuhan WPOP. Kata kunci: kualitas pelayanan, sanksi pajak, biaya kepatuhan pajak, dan e-filling