Pengaruh Profitabilitas pada Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Intervening

Main Authors: Wulandewi, A. A. Ayu Tisna, Wirawati, Ni Gusti Putu
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Accounting Department, Economic and Business Faculty of Universitas Udayana in collaboration with the Association of Accounting Department of Indonesia, Bali Region , 2018
Online Access: https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/36832
https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/36832/22699
Daftar Isi:
  • This study aims to obtain empirical evidence on the influence of profitability on corporate value with corporate social responsibility (CSR) as intervening variable. This research is conducted on mining companies listed on Indonesia Stock Exchange 2014- 2016. Sample determination method used is to use purposive sampling technique. The number of companies that meet the criteria is 14 companies with the number of 42 observations. Data collection was done by non participant observation method. Technique Analysis of data used is Path Analysis (Path Analysis). The result of testing in this study shows that profitability variables have a positive effect on firm value. While the CSR variable has no effect on firm value. Profitability variables have a positive effect on CSR disclosure. In this research, CSR's role is not found to mediate the effect of profitability on firm value. Keywords: Profitability, corporate social responsibility, corporate value
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh profitabilitas padanilai perusahaan dengan corporate social responsibility(CSR) sebagai variabel intervening. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2016. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah perusahaan yang memenuhi kriteria adalah 14 perusahaan dengan jumlah 42 amatan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi non partisipan. Teknik Analisis data yang digunakan yaitu uji Path Analysis (Analisis Jalur). Hasil dari pengujian pada penelitian ini menunjukkan variabel profitabilitas berpengaruh positif pada nilai perusahaan. Sedangkan variabel CSR tidak berpengaruh pada nilai perusahaan. Variabel profitabilitas berpengaruh positif pada pengungkapan CSR. Pada penelitian ini tidak ditemukannya peran CSR memediasi pengaruh profitabilitas pada nilai perusahaan. Kata Kunci: Profitabilitas, corporate social responsibility, nilai perusahaan