Pengaruh Manajemen Laba pada Nilai Perusahaan Sesudah Pergantian Chief Executive Officer (CEO)

Main Authors: Astiti, Ni Putu Sukma, Damayanthi, I Gusti Ayu Eka
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Accounting Department, Economic and Business Faculty of Universitas Udayana in collaboration with the Association of Accounting Department of Indonesia, Bali Region , 2018
Online Access: https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/36643
https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/36643/23282
Daftar Isi:
  • Perusahaan harus mengoptimalkan nilai perusahaan untuk menarik minat kreditur maupun investor, namun kenyataannya optimalisasi nilai perusahaan selalu terganggu oleh konflik keagenan. Manajer memiliki informasi tentang perusahaan yang lebih lengkap, sehingga manajer mampu melakukan manajemen laba. Salah satu motivasi manajemen laba adalah pergantian Chief Executive Officer (CEO). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh manajemen laba pada nilai perusahaan sesudah pergantian CEO pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2008-2016. Jumlah sampel dalam penelitian ini 32 perusahaan yang didapat dengan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah observasi non partisipan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa manajemen laba dengan pola income decreasing saat tahun pertama sesudah pergantian CEO berpengaruh negatif dan signifikan pada nilai perusahaan, dan manajemen laba dengan pola income increasing saat tahun kedua sesudah pergantian CEO berpengaruh positif dan signifikan pada nilai perusahaan. Kata kunci: nilai perusahaan, manajemen laba, pergantian CEO.
  • Companies must optimize the value of the firm to attract the interest of creditors and investors, but in fact optimization of firm value is always disrupted by the agency conflict. The manager has more complete information about the company, it provides an opportunity for managers to do earnings management. One of the earnings management motivations is Chief Executive Officer (CEO) turnover. The purpose of this study is to determine the effect of earnings management on the value of the firm after CEO turnover at the manufacturing company listed on Indonesia Stock Exchange (BEI) in 2008-2016. The number of samples in this study are 32 companies obtained by purposive sampling method. Data collection method of this research is non participant observation. Data analysis technique used is simple linear regression. The result of analysis shows that earnings management with income decreasing scheme during first year after CEO turnover has negative and significant effect on firm value, and earnings management with income increasing scheme during second year after CEO turnover has positive and significant effect on firm value. Keyword: firm value, earnings management, CEO turnover.