PENGARUH PROFITABILITAS DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL PADA NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN CSR SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI

Main Authors: Daeng Malino, Muhammad Ryan Yanuar, Wirawati, Ni Gusti Putu
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Accounting Department, Economic and Business Faculty of Universitas Udayana in collaboration with the Association of Accounting Department of Indonesia, Bali Region , 2017
Online Access: https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/35252
https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/35252/21561
Daftar Isi:
  • Every company is definitely trying to increase the firm value. Because by maximizing the firm value also means to maximize the prosperity of the shareholders. Investors need to gather complete and accurate information about the company to be selected as an investment venue. Investors will see some factors that can be considered as a condition of the company sucah as profitability and managerial ownership. The higher the firm’s value the better quality of the company. This study examines the effect of profitability and managerial ownership on firm value, and the existence of Corporate Social Responsibility as a moderating variable. The population of this study is a manufacturing company listed in Indonesia Stock Exchange (BEI) observation period 2013 - 2015. The number of samples of this study is 44 companies with 132 observational data. Sampling in this research using non probability method with purposive sampling technique that is by using certain criterion for sample selection. Technique of this research data analysis using Moderated Regression Analysis (MRA). Based on the results of this study found that profitability has a positive effect on the firm value. managerial ownership has been shown to negatively affect company value. Corporate Social Responsibility able to strengthen the influence of profitability on the firm value. Corporate Social Responsibility is not able to influence the relationship of managerial ownership to the firm value.
  • Setiap perusahaan pasti berusaha untuk memaksimalkan nilai perusahaan. Memaksimalkan nilai perusahaan berarti juga ikut memaksimalkan kemakmuran para pemegang saham. Para investor perlu mengumpulkan informasi yang lengkap dan tepat mengenai perusahaan yang akan dipilih sebagai tempat investasi. Investor akan melihat beberapa faktor yang bisa dijadikan penilaian sebagai suatu kondisi perusahaan tersebut seperti profitabilitas dan kepemilikan manajerial. Semakin tinggi nilai perusahaan semakin baik kualitas perusahaan. Penelitian ini meneliti pengaruh profitabilitas dan kepemilikan manajerial pada nilai perusahaan, dan adanya Corporate Social Responsibility sebagai variabel pemoderasi. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan periode pengamatan 2013 – 2015. Jumlah sampel penelitian ini adalah 44 perusahaan dengan 132 data amatan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode non probability dengan teknik purposive sampling yaitu dengan menggunakan kriteria tertentu untuk pemilihan sampel. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA). Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa profitabilitas terbukti memiliki pengaruh positif pada nilai perusahaan. kepemilikan manajerial terbukti memiliki pengaruh negatif pada nilai perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut ditemukan juga bahwa Corporate Social Responsibility sebagai variabel pemoderasi mampu memperkuat hubungan profitabilitas pada nilai perusahaan. Corporate Social Responsibility sebagai variabel pemoderasi terbukti tidak mampu mempengaruhi hubungan kepemilikan manajerial pada nilai perusahaan