Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Modal Kerja Pada Nilai Perusahaan dengan CSR Sebagai Variabel Intervening

Main Authors: Atmaja, I Gusti Ngurah Yoga Dimas, Astika, Ida Bagus Putra
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Accounting Department, Economic and Business Faculty of Universitas Udayana in collaboration with the Association of Accounting Department of Indonesia, Bali Region , 2018
Online Access: https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/33717
https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/33717/24335
Daftar Isi:
  • Perusahaan merupakan sekelompok orang yang tergabung dalam suatu organisasi yang bekerja untuk mencapai tujuan tertentu. Salah satu tujuan perusahaan yang paling mendasar adalah untuk memperoleh keuntungan atau laba yang maksimal dari kegiatan usaha yang dilakukan perusahaan. Tujuan didirikannya suatu perusahaan tidak hanya sekedar untuk meraih laba sebesar-besarnya, tetapi juga bertujuan untuk meningkatkan kemakmuran pihak-pihak yang berkaitan dengan kegiatan usaha perusahaan, seperti shareholders dan stakeholders sehingga nilai perusahaan tersebut meningkat. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, leverage, dan modal kerja pada nilai perusahaan dengan CSR sebagai variabel intervening. Penelitian ini dilakukan di perusahaan consumer goods yang terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia) periode tahun 2013-2015. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 75 perusahaan, dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunduh laporan tahunan perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan antara lain analisis regresi linear berganda yang membutuhkan statistik deskriprif, uji asumsi klasik, path analysis, dan uji sobel. Berdasarkan hasil path analysis dan uji sobel ditemukan bahwa profitabilitas dan leverage tidak berpengaruh pada CSR, sedangkan modal kerja berpengaruh positif pada CSR. Profitabilitas berpengaruh positif pada nilai perusahaan, sedangkan variabel leverage dan modal kerja tidak berpengaruh pada nilai perusahaan. CSR tidak dapat memediasi pengaruh profitabilitas, leverage, dan modal kerja pada nilai perusahaan. Kata Kunci: profitabilitas, leverage, modal kerja, CSR, nilai perusahaan
  • Companies are a group of people who are members of an organization that works to achieve certain goals. One of the company's most fundamental goals is to gain maximum profit or profit from its business activities. The purpose of establishment of a company not only to achieve maximum profit, but also aims to improve the prosperity of parties related to corporate activities, such as shareholders and stakeholders so that the value of the company increases. The purpose of this study is to determine the effect of profitability, leverage, and working capital on corporate value with CSR as intervening variable. This research is conducted in consumer goods company listed in Indonesia Stock Exchange (IDX) period 2013-2015 period. The number of samples taken as many as 75 companies, with purposive sampling method. Data collection is done by downloading the company's annual report. Analytical techniques used include regression analysis that requires descriptive statistics, classical assumption test, path analysis, and test sobel. Pursuant to result of path analysis and sobel test found that profitability and leverage not have an effect on CSR, while working capital have positive effect on CSR. Profitability affects positively on firm value, while leverage and working capital have no effect on firm value. CSR can not mediate the effect of profitability, leverage, and working capital on firm value.