Pengaruh Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Pada Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi

Main Authors: Mutya Armika, Anak Agung Ayu, Suryanawa, I Ketut
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Accounting Department, Economic and Business Faculty of Universitas Udayana in collaboration with the Association of Accounting Department of Indonesia, Bali Region , 2018
Online Access: https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/30845
https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/30845/22082
Daftar Isi:
  • Company value is very fundamental factor and need to be known by the investors before deciding to invest. Information disclosed by the company is a signal for investors to instill shares in the company. Information provided by companies in the form of corporate value, disclosure of social responsibility and profitability. The purpose of this study is to obtain empirical evidence of the role of profitability in moderating the influence of corporate social responsibility disclosure on firm value in basic and chemical industry companies listed on the IDX during the year 2013-2015. The population of this study amounted to 60 companies, with samples used by 57 companies using nonprobability sampling method. The dependent variable is firm value as measured by Price Book Value (PBV). The independent variable is disclosure of social responsibility as measured by the corporate social responsibility disclosure index (CSRD index). The moderation variable is profitability measured by Return on Equity (ROE). Data collection method used is non participant observation. The analysis technique used is Moderated Regression Analysis (MRA). The results of the study shows the disclosure of corporate social responsibility positively affects on firm value. Profitability does not able to moderate influence of corporate social responsibility disclosure on firm value. Keywords: disclosure of corporate social responsibility, corporate value, profitability
  • Nilai perusahaan merupakan faktor yang sangat fundamental dan perlu diketahui oleh para investor sebelum memutuskan untuk berinvestasi pada perusahaan. Informasi yang diungkapkan oleh perusahaan merupakan sinyal bagi investor dalam rangka menanamkan saham pada perusahaannya. Informasi yang diberikan oleh perusahaan dapat berupa nilai perusahaan, pengungkapan tanggung jawab sosial dan profitabilitas. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh bukti empiris peranan profitabilitas dalam memoderasi pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan pada nilai perusahaan industri dasar dan kimia yang terdaftar di BEI selama tahun 2013-2015. Populasi penelitian ini berjumlah 60 perusahaan, dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 57 perusahaan menggunakan metode nonprobability sampling, khususnya teknik purposive sampling. Variabel terikat penelitian ini ialah nilai perusahaan yang diukur dengan Price Book Value (PBV). Variabel bebas dalam penelitian ini ialah pengungkapan tanggung jawab sosial yang diukur dengan indeks pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (indeks CSRD). Variabel moderasi dalam penelitian ini ialah profitabilitas yang diukur dengan Return on Equity (ROE). Nilai perusahaan diukur dengan Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi non partisipan. Teknik analisis yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menemukan bahwa pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan berpengaruh positif pada nilai perusahaan. Profitabilitas tidak mampu memoderasi pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan pada nilai perusahaan. Kata Kunci: pengungkapan tanggung jawab sosial, nilai perusahaan, profitabilitas