Perbandingan Reaksi Pasar Antara Perusahaan Klien Big Four dan Non-Big Four atas Pengumuman Stock Split

Main Authors: Chandra, Ni Putu Yunita, Wirama, Dewa Gede
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Accounting Department, Economic and Business Faculty of Universitas Udayana in collaboration with the Association of Accounting Department of Indonesia, Bali Region , 2024
Online Access: https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/102376
https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/102376/54973
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk membandingkan reaksi pasar atas pengumuman stock split antara perusahaan klien KAP big four dan non-big four. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan event study. Event window yang digunakan yaitu selama tujuh hari pengamatan dengan event date yaitu tanggal RUPS. Reaksi pasar dalam penelitian ini akan diproksi dengan cumulative abnormal return. Metode penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Jumlah sampel penelitian yaitu 95 perusahaan, dengan 44 perusahaan klien big four dan 51 perusahaan klien non-big four. Teknik analisis data yang digunakan adalah independent sample t-test untuk membandingkan reaksi pasar antara perusahaan klien big four dan non-big four atas pengumuman stock split. Penelitian menunjukan hasil yaitu tidak ada perbedaan reaksi pasar antara perusahaan klien big four dan non-big four atas pengumuman stock split.