KOMITMEN UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH KOTA MANADO PADA PENANGANAN KELUHAN PELAYANAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR

Main Author: Goni, Shirley Y. V. I.
Other Authors: Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Padjadjaran , 2015
Subjects:
Online Access: http://jurnal.unpad.ac.id/sosiohumaniora/article/view/8335
http://jurnal.unpad.ac.id/sosiohumaniora/article/view/8335/6610
Daftar Isi:
  • Keluhan masyarakat dalam pengurusan administrasi kendaraan bermotor secara umum terjadi karenabeberapa hal yang antara lain organisasi pelayanan gagal mewujudkan kinerja yang dijanjikan. Memperhatikanberbagai keluhan, maka sebagai organisasi pemberi layanan sangat penting meresponi berbagai keluhan gunadijadikan sebagai komitmen dalam perbaikan kinerja dan memperbaiki pelayanan menujuh ke arah yang lebihbaik. Untuk hal tersebut maka penelitian ini berupaya menjelaskan komitmen penanganan keluhan pelayanan pajakkendaraan bermotor oleh Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Unit Pelaksana Teknis Daerah KotaManado bagi pengembangan ilmu sosial humaniora. Dengan menggunakan desain deskriptif kualitatif penelitianini menekankan bahwa komitmen penanganan keluhan belum sepenuhnya nyata dijalankan pada pelayanan pajakkendaraan bermotor di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Unit Pelaksana Teknis Daerah KotaManado karena pengembangan kinerja pegawai lebih menekankan pada terwujudnya Pendapatan Asli Daerahsebagai sumber utama Anggaran Pendapatan Belanja Daerah bukan pada peningkatan kualitas pelayanan. Olehnyaperlu dilakukan dengan cara perbaikan pada pengembangan kinerja pegawai yang mencakup perbaikan padamenyusun visi, misi dan rencana organisasi, tindakan pelaksanaan, pengawasan jalannya dan hasil pekerjaan,evaluasi atas kemajuan serta kegagalan organisasi, sistem karier, kompetensi, kompensasi dan motivasi kerja