PENGARUH SIKAP DAN KENDALA TERHADAP KEBERHASILAN MAHASISWA DALAM BIDANG PEMBELAJARAN BAHASA PERANCIS

Main Authors: Rudianingsih, Agusti, S. Mulya, Wandansari, Nugroho, Emiliawati
Format: Article info eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Sosiohumaniora , 2015
Online Access: http://jurnal.unpad.ac.id/sosiohumaniora/article/view/5498
http://jurnal.unpad.ac.id/sosiohumaniora/article/view/5498/2860
Daftar Isi:
  • Kajian utama yang menjadi topik penelitian ini adalah masalah sikap dan kendala yang dihadapi mahasiswa dalam proses pembelajaran bahasa Prancis. Secara teori, sikap dibagi dalam tiga aspek yaitu kognitif, afektif dan konatif. Fokus penelitian ini ditujukan pada aspek kognitif yang menyangkut pengetahuan tentang bahasa Prancis secara umum, kemudian aspek afektif yang menyangkut minat pribadi dan keterkaitan belajar, dan aspek konatif yang berhubungan dengan kecenderungan berperilaku mahasiswa dalam proses pembelajaran bahasa Prancis; meliputi kemampuan bahasa secara tulis dan lisan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara sikap mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Prancis dengan kendala eksternal yang dihadapi dalam mecapai keberhasilan studi. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Program Diploma III angkatan 1998 dan 1999. Dari jumlah keseluruhan, hanya diambil 95 orang sebagai sampel. Dalam penelitian ini digunakan metode analisis deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, angkat, dan studi keputusan. Pelacakan teori dan konsep yang relevan merupakan dasar untuk mengkonstruksi paradigma penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran bahasa Prancis, sikap mahasiswa umumnya lemah dalam aspek kognitif dan konatif, tetapi memiliki komponen affektif yang tinggi. Kendala eksternal yang ada tidak bisa dihadapi dengan sikap positif sehingga menimbulkan dampak negatif terhadap kelemahan sikap belajar. Hal ini mengakibatkan terjadinya penurunan prestasi akademik dan meninggikannya tingkat putus studi mahasiswa. Kata kunci: Sikap, hambatan, kognitif, efektif, konatif.