PENGARUH MOTIVASI DAN PERILAKU APARATUR BIROKRASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI KOTA PALU: Studi Pada Puskesmas di Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah
Main Author: | Mustainah, - |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Padjadjaran
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://jurnal.unpad.ac.id/sosiohumaniora/article/view/5481 http://jurnal.unpad.ac.id/sosiohumaniora/article/view/5481/2843 |
Daftar Isi:
- Masalah pokok dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan kesehatan di Kota Palu yang dilakukan pada Puskesmas selaku pengelola teknis yang belum optimal, dan motivasi dan perilaku aparatur birokrasi dalam memberikan perlayanan masih rendah. Penelitan ini bertujuan untuk mengkaji, menganalisis, dan mendapatkan konsep baru tentang teori motivasi dan perilaku aparatur birokrasi terhadap kualitas pelayanan kesehatan. Metode yang digunakan adalah explanatory survey method dengan pendekatan kuantitatif. Teknik penarikan sampel yaitu stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dengan jumlah responden 125 orang paramedis. Teknik analisis data adalah analisis jalur dengan uji statistika adalah uji-t dan uji-F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi aparatur dan perilaku aparatur birokrasi terhadap kualitas pelayanan kesehatan. Motivasi aparatur pengaruhnya besar terhadap kualitas pelayanan kesehatan di puskesmas Kota Palu. Dimensi motivasi yang paling dominan terhadap kualitas pelayanan kesehatan adalah dimensi pengembangan. Sedangkan perilaku aparatur pengaruhnya terhadap kualitas pelayanan kesehatan di puskesmas Kota Palu dikategorikan cukup. Dimensi perilaku yang paling dominan pengaruhnya terhadap kualitas pelayanan kesehatan adalah dimensi tanggung jawab.