PENGARUH KOMPETENSI DAN KOMITMEN DOSEN TERHADAP KINERJA PROGRAM STUDI DI PENDIDIKAN TINGGI: STUDI PADA PROGRAM S1 MANAJEMEN PTS SUMATERA UTARA

Main Author: -, Sahyar
Format: Article info eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Sosiohumaniora
Online Access: http://jurnal.unpad.ac.id/sosiohumaniora/article/view/5453
http://jurnal.unpad.ac.id/sosiohumaniora/article/view/5453/2815
Daftar Isi:
  • Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: untuk menganalisis besarnya pengaruh kompetensi dan komitmen dosen terhadap kinerja program studi pada pendidikan tinggi Sumatera Utara baik secara simultan maupun parsial. Metode penelitian yang digunakan adalah sensus pada 44 progam studi S1 Manajemen PTS Sumatera Utara. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan alat pengumpul data melalui kuesioner. Responden penelitian adalah ketua atau sekretaris pada masing-masing program studi. Keabsahan dan kehandalan kuesioner diuji terlebih dahulu sebelum pengujian hipotesis. Analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis jalur. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kompetensi dan komitmen dosen berpengaruh signifikan terhadap kinerja program studi, artinya kompetensi dan komitmen dosen yang baik akan dapat meningkatkan kinerja program studi. Secara parsial dari kedua variabel independen, kompetensi dosen memberikan pengaruh lebih besar dibandingkan komitmen dosen dalam meningkatkan kinerja program studi. Kata kunci: Kompetensi, Komitmen, Kinerja, Pendidikan tinggi