EVALUASI FUNGSI TAMAN KAMPUS EDU PARK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA SEBAGAI OPEN SPACE KAMPUS

Main Authors: Ismail, Noor Kholid, Raidi, Samsudin
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Surakarta , 2015
Subjects:
Online Access: http://journals.ums.ac.id/index.php/sinektika/article/view/1447
http://journals.ums.ac.id/index.php/sinektika/article/view/1447/993
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah adanya fenomena disfungsi taman kampus Edu ParkUMS sebagai open space kampus yang fungsional. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui hasil evaluasi fungsi taman kampus Edu Park Universitas MuhammadiyahSurakarta. Penelitian ini menggunakan metode pengamatan aktivitas pengguna tamandan metode jajak pendapat dengan melalui penyebaran kuesioner untuk 40 responden.Data yang diperoleh dalam penelitian ini disajikan dalam bentuk tabel, pemetaan,dokumentasi, dan diskripsi. Berdasarkan data pengamatan dan kuesioner terhadap aktivitas pengunjung yang ada, fungsi taman Edu Park sebagai open space sudah dimanfaatkan secara maksimal. Hasil perhitungan kuesioner terhadap 40 responden adalah layak dengan prosentase 35% aktivitas olahraga, 12,5 % aktivitas jalan-jalan dan bermain, 32,5% kegiatan foto-foto, 2,5% kegiatan piknik dan 5% aktivitas bersepeda. Berdasarkan data kuesioner terhadap elemen pendukung aktivitas yang terdapat pada open space tersebut, menunjukan bahwa taman Edu Park Universitas Muhammadiyah Surakarta sudah digunakan secara maksimal, dibuktikan dengan hasil perhitungan kuesioner terhadap 40 responden bahwa prosentasi yang diperoleh adalah 40% untuk kategori sangat layak, 55% untuk kategori layak dan 5% untuk kategori tidak layak.