Pembuatan Media Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Kelas III Menggunakan Komputer Multimedia Sekolah Dasar

Main Author: Rusita, Esti
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Seruni - Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer , 2013
Online Access: http://ijns.org/journal/index.php/seruni/article/view/646
http://ijns.org/journal/index.php/seruni/article/view/646/635
Daftar Isi:
  • Salah satu kunci keberhasilan dalam mengajar adalah menggunakan metode pengajaran yang baik. Seorang guru harus bisa menggunakan metode-metode pengajaran yang inovatif sehingga materi yang disampaikan dapat diterima murid dengan mudah dan jelas. Dari observasi yang dilakukan penulis pada Sekolah Dasar (SD) Negeri 02 Karanganyar, dapat disimpulkan bahwa hal ini disebabkan oleh keterbatasan sarana prasarana dan sistem pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) Negeri 02 Karanganyar yang kurang efektif. Sistem pembelajaran di SD Negeri 02 Karanganyar saat ini adalah dengan cara guru menerangkan materi di depan kelas menggunakan alat tulis dan setelah itu siswa mencatat, namun sistem pembelajaran seperti ini dirasa membosankan karena siswa tidak dapat interaktif dan siswa tidak bisa memperoleh gambaran dari apa yang telah disampaikan oleh bapak/ibu guru. Oleh karena itu salah satu upaya meningkatkan sistem pembelajaran agar lebih efektif dengan keterbatasan sarana maka perlu dibuat sistem pembelajaran yang baru dengan menggunakan media pembelajaran yang didalamnya berisi materi, gambar, video tutorial agar siswa dapat lebih mudah memahami materi pelajaran yang diberikan. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah studi observasi, wawancara, kepustakaan, analisis, perencanaan, perancangan, pemograman, uji coba sistem, dan implementasi. Dengan metodelogi pembelajaran mengunakan media pembelajaran ini diharapkan siswa dapat lebih mudah memahami materi-materi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang disampaikan oleh bapak/ibu guru karena dengan media pembelajaran ini materi yang disampaikan dapat lebih interaktif dan menarik bagi siswa