MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL RAMBU-RAMBU DI SEKOLAH MELALUI METODE SIMULASI BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VII SLB N CENTER PAYAKUMBUH

Main Authors: Rahayu, Endang Sri, Marlina, Marlina, Ardisal, Ardisal
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Padang , 2014
Online Access: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/3951
http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/3951/3184
Daftar Isi:
  • Abstrack: Penelitian ini dilatarbelakangi seorang anak tunagrahita ringan belum mengenal rambu-rambu di sekolah. Anak belum mampu menunjukan, menyebutkan dan mengaplikasikan rambu-rambu dengan benar sehingga dalam lingkungan sekolah anak sering melanggar pentunjuk yang ada pada rambu-rambu. Tujuan penelitian ini membuktikan metode simulasi role playing dapat meningkatkan kemampuan mengenal rambu-rambu di sekolah bagi anak tunagrahita ringan.Pedekatan ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk Single Subject Design (SSD) dengan menggunakan desain A-B-A dengan teknik analisis datanya mengunakan analisis visual grafik.Dapat disimpulkan bahwa metode simulasi role playing dapat meningkatkan kemampuan mengenal rambu-rambu di sekolah pada anak tunagrahita ringan kelas VII SLB N Center Payakumbuh. Dalam penelitian ini hendaknya guru menggunakan metode simulasi role playing dalam pembelajaran rambu-rambu. Kata kunci: Mengenal rambu-rambu; metode simulasi role playing; tunagrahita ringan