Efektivitas Penggunaan Media The Claw Pencil Grip untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan pada Siswa Cerebral Palsy di SLB YPAC Sumatera Barat
Main Authors: | Qalby, Suci Raudatul, Sopandi, Asep Ahmad, Ardisal, Ardisal, Zulmiyetri, Zulmiyetri |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Padang
, 2024
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/127551 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persoalan seorang siswa Cerebral palsy yang berkesulitan dalam menulis permulaan padahal siswa sudah berada di kelas VI SLB. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan, siswa perlu diberikan media untuk meningkatkan keterampilan menulis permulaan. Penelitian bertujuan untuk menguji Media The Claw Pencil Grip dalam meningkatkan keterampilan menulis permulaan pada siswa Cerebral Palsy di SLB YPAC Sumatera Barat. Penelitian ini memakai Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi baseline (A1) hasil data yang diperoleh 28,3, 31,6, 31,6, 31,6. Pada kondisi intervensi (B) hasil data yang diperoleh 48,3, 55, 78,3, 80, 81,6, 81,6, 81,6. Kemudian pada kondisi baseline (A2) hasil data yang diperoleh 83,3, 85, 85, 85. Hasil dari penelitian membuktikan keterampilan menulis permulaan pada siswa Cerebral Palsy meningkat setelah menggunakan media The Claw Pencil Grip.