Peningkatan Kemampuan Praktik Bina Diri dengan Menggunakan Fake Nails untuk Siswa Tunagrahita Ringan

Main Authors: Wati, Megga, Iswari, Mega, Evanofrita, Evanofrita
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Padang , 2023
Subjects:
Online Access: https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/125339
https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/125339/108318
Daftar Isi:
  • Penelitian ini diawali dari permasalah di kelas VIII/C SLB YPPLB Padang yang terdiri dari 4 siswa dengan hasil asesmen awal yang rendah saat memotong kuku. Penelitian bertujuan melatih bina diri siswa saat memotong kuku. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas terdiri dari 3 siklus dengan prosedur siklus yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan dokumentasi. Metode analisis data yaitu kuantitatif berdasarkan persentase dari jumlah task analisis dan kualitatif untuk menganalisis aktifitas siswa. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa asesmen awal RJ (1,54), siklus I (2,06), siklus II (2,16), siklus III (2,30). Asesmen awal AR (1,68), siklus I (2,04), siklus II (2,12), siklus III (2,22). RF asesmen awal (1,32), siklus I (1,98), siklus II (1,90), siklus III (2,12). Asesmen awal DF (1,04), siklus I (1,74), siklus II (1,80), siklus III (1,84). Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Fake Nails dapat meningkatkan kemampuan menggunting kuku pada peserta didik tunagrahita.