Meningkatkan Keterampilan Membuat Asbak Rokok Batok Kelapa Melalui Metode Explicit Instruction Bagi Anak Tunarungu Kelas IX Di SLB Negeri Aek Kanopan

Main Authors: Dayanti, Anggriyeni Novi, Iswari, Mega
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Padang , 2023
Subjects:
Online Access: https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/122596
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahasi tentang bagaimana carai meningkatkani keterampilani membuat asbaki rokok batok bagi pesertai didik tunarungu melaluii metode explicit instruction. Penelitiani ini menggunakani jenisi penelitian tindakani kelas. Penelitiani tindakan kelas inidilaksanakan di kelas IXi SLB Negeri Aek Kanopan. Permasalahani yang melatarbelakangi penelitiani ini yaitui dii kelas IXi SLB Negerii Aek Kanopani sudah pernahi belajar tentang proses pembuatan asbak rokok batoki kelapa,i akan tetapii terdapat pesertai didik yang memiliki nilaii dibawah kriteria ketuntasan minimali dikarenakani mereka belumi terampil dalam membuat asbaki rokok batok kelapa. Penelitian ini menggunakani dengani duai siklus, setiap siklusnyai terdiri darii perencanaa, pelaksanaan tindakan, pengamatan dani refleksi. Teknik pengumpulani datai yang dgunakan yaitui observasi, dokumentasi, dan tes perbuatan. Adapuni hasil yang diperoleh pesertai didiki menggunakan dua siklus yaitui nilaii RR padai tindakan siklus I adalahi 47% dan pada siklusi IIi memperolehnilai sebesar 82%. Peserta didik SDP memperoleh nilaii disklus I sebesar 58% dani disiklus duai sebesar 78%. Dani untuk peserta didik berinisiali DP memperoleh nilai sebesar 71%i dan untuk siklusi IIi memperolehi nilai sebesar 91%. Berdasarkan dari data teresebut, kesimpulani darii keterampilan membuat asbak rokoki batok kelapa mengalamii peningkatani yang signifikani melalui metode explicit instruction.