Efektivitas Metode Latihan Dalam Permainan Engklek Untuk Meningkatkan Koordinasi Mata, Tangan dan Kaki Anak Tunagrahita Ringan

Main Authors: Utama, Juriya, Nurhastuti, Nurhastuti
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Padang , 2022
Subjects:
Online Access: https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/120345
https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/downloadSuppFile/120345/5599
https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/downloadSuppFile/120345/5600
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas tentang efektivitas metode latihan dalam permainan engklek untuk meningkatkan koordinasi mata, tangan dan kaki di SLB Negeri 1 Padang. Penelitian ini terdapat subjek seorang anak dengan hambatan intelegtual yang duduk di kelas V sekolah dasar luar biasa Negeri 1Padang. Metode Single Subject Research digunakan dalam penelitian ini dan penggunaan desain A-B-A untuk jenis penelitian ini. Baseline (A1), intervensi (B), dan baseline (A2) merupakan aspek tiga kondisi pada desain A-B-A. instrumen tes digunakan sebagai pengumpulan data dalam penelitian ini. Teknik analisis visual memakai grafik digunakan untuk mengetahui hasil penelitian ini. Hasil penelitian menyatakan bahwa pemberian intervensi menggunakan metode latihan dalam permainan engklek dapat meningkatkan koordinasi mata, tangan dan kaki anak tunagrahita ringan. Kesimpulan penelitian ini bahwa kemampuan koordinasi mata, tangan dan kaki anak runagrahita dapat meningkat menggunakan metode latihan dalam permainan engklek.