Meningkatkan Kemampuan Menulis Anak Gangguan Spektrum Autisme Menggunakan Media Papan Magnet (Classroom Action Research Kelas III di SLB Negeri Padangsidempuan )
Main Authors: | Helmi, Devi Ernita, Rahmahtrisilvia, Rahmahtrisilvia |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Negeri Padang
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/119449 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan menulis anak gangguan spectrum autism kelas III di SLB Negeri Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi tentang kemampuan menulis anak gangguan spectrum setelah diberikan tindakan berupa penggunaan media papan magnet; meningkatkan kemampuan menulis anak gangguan spectrum autism menggunaakn media papan magnet kelas III di SLB Negeri Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subject penelitian adalah guru yang mengajar di kelas III dan 1 orang anak dengan gangguan spectrum autism yang mengalami hambatan dalam menulis. Dalam penelitian ini ditemukan hasil bahwa terjadinya peningkatan pada kemampuan menulis anak gangguan spectrum autism setelah diberikan tindakan menggunakan media papan magnet dengan presentase kemajuan; pertemuan pertama 53%, pertemuan kedua 67%, pertemuan ketiga 80% dan pertemuan keempat 90%. Dari hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwasanya media papan magnet efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis anak gangguan spectrum autism kelas III di SLB Negeri Padangsidimpuan.