MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI MEDIA 3 DIMENSI KERETA HURUF BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN
Main Authors: | Lisnawati, Lisnawati, Z, Martias |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Negeri Padang
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/119107 |
Daftar Isi:
- Pembelajaran wajib yang harus diikuti oleh siswa tunagrahita yaitu pembelajaran Bahasa Indonesia, dimana dimulai dari pembelajaran mengenal huruf. Di sekolah SLBN Padangsidimpuan kemampuan mengenal huruf pada anak tunagrahita masih sangat rendah. Dilakukanlah penelitian pada anak tunagrahita kelas IV SLBN Padangsidimpuan sebanyak dua orang siswa dengan inisial R, dan Z yang kemampuan mengenal huruf nya masih rendah. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak tunagrahita melalui media kereta huruf. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari empat kali pertemuan dan siklus II terdiri dari empat kali pertemuan. Dari hasil penelitian yang diperoleh peningkatan mulai kemampuan awal anak dari R 50% dan Z 55% kemudian diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi R 65% dan Z 60%, kemudian dilanjutkan pada siklus II kemampuan anak semakin meningkat menjadi R 83% dan Z 86%