Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaterbelakangi oleh kegiatan mengajar guru yang kurang maksimal dalam pembelajaran binadiri tentang menyetrika baju pakaian khususnya baju kemeja. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 silklus. Penelitian ini dilakukan melalui kolabarsi dengan guru kelas IX. Menurut hasil penelitian ini tampak perkembangan kompetensi siswa dalam menyetrika baju kemeja. Kemampuan awal siswa B adalah 46% dan siswa D 40%. Pada siklus 1 terjadi peningkatan yaitu siswa B 73% dan siklus 2 88%. Sedangkan pada siswa D pada siklus I juga mengalami peningkatan dengan hasil 70% dan siklus II 87%. Jadi dapat diartikan bahwa metode analisis tugas bisa meningkatkan kemampuan menggosok baju bagi anak tunagrahita ringan kelas IX di SLB Bina Bangsa Padang. Melalui penelitian ini semoga bisa menambah pemahaman tentang keterampilan menyetrika baju kemeja melalui metode analisis tugas.