Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Metode Fernald pada Siswa Berkesulitan Belajar (Single Subject Research di Kelas IV SDN 26 Teluk Bayur Padang)

Main Authors: Shafira, Aulia, Armaini, Armaini
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Padang , 2022
Subjects:
Online Access: https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/118837
Daftar Isi:
  • Peningkatan kemampuan membaca permulaan dapat dilakukan dengan salah satu metode pembelajaran yaitu metode fernald. Metode fernald dalam pembelajarannya melibatkan semua kerja sensori diantaranya visual, auditori, kinestetik dan takstil yang disingkat dengan VAKT. Hal ini membuat peneliti tertarik untuk meneliti permasalahan ini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen yang berbentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Pengumpulan data dilakukan dalam tiga kondisi yaitu baseline (A), intervensi (B) dan kondisi baseline (A2) dengan 17 kali pertemuan dengan hasil persentase kemampuan membaca permulaan anak berada pada 88%. Berdasarkan data hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa kemampuan membaca permulaan anak kesulitan belajar membaca meningkat setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan metode fernald di kelas IV SDN 26 Teluk Bayur Padang.