Peningkatan Keterampilan Membuat Kue Lupis Melalui Metode Explicit Instruction pada Anak Tunarungu

Main Authors: Billa, Nur Halda Salsa, Armaini, Armaini
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Padang , 2022
Subjects:
Online Access: https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/118734
Daftar Isi:
  • Latar belakang dari penelitian adalah kemampuan guru yang belum maksimal dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) keterampilan vokasional membuat kue lupis di dalam kelas sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa tunarungu di kelas. Jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua (2) Siklus dengan desain kolaboratif. Artinya, peneliti berkolaborasi dengan guru kelas XI anak tunarungu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode explicit instruction bisa meningkatkan kemampuan anak dalam pembuatan kue lupis. Kondisi awal anak LS 43%. Terjadi peningkatan kemampuan pada siklus I menjadi 73%. Pada siklus II meningkat menjadi 93%. Pada anak DW kondisi awal anak 41%. Pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 71%. Pada siklus II meningkat menjadi 90%. Sementara pada anak PR pada kemampuan awal 41%. Pada siklus I meningkat 66% dan pada siklus II terjadi peningkatan 88%. Kesumpilan dari penelitian bahwa metode explicit dapat meningkatkan kemampuan keterampilan membuat kue lupis pada anak tunarungu kelas XI di SLB Luak Nan Bungsu. Saran bagi guru agar metode explicit instruction ini dijadikan sebagai metode pebelajaran yang bisa membantu anak tunarungu dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) terkait keterampilan vokasional membuat Kue sesuai dengan kompetensi dasar yang ditetapkan