Meningkatkan Keterampilan Membuat Case Rilief Print Painting Melalui Direct Instruction Anak Tunagrahita Ringan
Main Authors: | Mardiyana, Elma, Z, Martias |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Padang
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/118267 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas mengenai siswa tunagrahita yang mengalami masalah dalam minimnya keterampilan membuat case rilief print painting. Adapun tujuan penulisan ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan dalam membuat case rilief print painting menggunakan model direct instruction bagi anak tunagrahita. penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan tatap muka yang dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran keterampilan membuat case rilief print painting bagi anak tunagrahita ringan kelas III dilakukan menggunakan model direct instruction. Keterampilan membuat case rilief print painting meningkat menggunakan model direct instruction. Setelah diberikan tindakan A mendapatkan persentase 88,33% dan Q mendapatkan persentase 85,00%. dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran keterampilan membuat case rilief print painting dapat meningkat menggunakan model direct instruction.