MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KINCIR PINTAR BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN

Main Authors: Firdianza, Oldy, Ardisal, Ardisal
Format: Article info eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Padang , 2022
Subjects:
Online Access: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/115501
http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/downloadSuppFile/115501/4649
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan atas dasar permasalahan yang ditemukan di SLB N 1 Ranah Pesisir, permasalahannya adalah belum mampunya anak tunagrahita ringan kelas VIc dalam membaca teks literasi “benda-benda disekitar”. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media kincir pintar bagi anak tunagrahita rimgan ( Single Subject Research kelas VI di SLB N 1 Ranah Pesisir ). Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan SSR ( Single Subject Research ) atau penelitian subjek tunggal, desain yang digunakan A-B-A, dan target behavior mampu membaca suku kata berpola VK-VK (vokal konsoanan-vokal konsonan) berawalan huruf “a” yang dapat diamati, dekat dan sering dilihat subjek. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa media kincir pintar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi anak tunagrahita ringan. Berdasarkan analisis dalam kondisi dengan jumlah variabel yang dianalisis dengan hasil analisis dikecenderungan stabilitas pada kondisi A1 stabil, pada kondisi B tidak stabil tapi kemampuan subjek dalam membaca permulaan meningkat, pada kondisi A2 kemampuan membacanya stabil. Persentase overlap pada antar kondisi dijelaskan pada kondisi baseline (A1) 12% dan kondisi (A2) 37%. Angka 100% membuktikan bahwa hipotesis diterima dan media kincir pintar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita ringan.