Meningkatkan Keterampilan Membuat Plastic Bottle Multipurpose Rack Melalui Model Pembelajaran Langsung Bagi Peserta Didik Tunagrahita Ringan di Kelas VII SLB Fan Redha Solok Selatan

Main Authors: Niati, Wilda, Zulmiyetri, Zulmiyetri
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Padang , 2021
Subjects:
Online Access: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/114805
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas tentang permasalahan yang ditemui peneliti di SLB Fan Redha Solok Selatan, dimana terdapat lima orang peserta didik tunagrahita ringan. Di SLB Fan Redha Solok Selatan terdapat pembelajaran keterampilan recycle atau mendaur ulang barang bekas. Tujuan dari penelitian ini adalah membuktikan sejauh mana model pembelajaran langsung dapat meningkatkan keterampilan membuat plastic bottle multipurpose rack bagi peserta didik anak tunagrahita ringan di kelas VII SLB Fan Redha Solok Selatan. Dengan metode penelitian yang digunakan yaitu pre eksperimental design pretest and posttest. Kemudian hasil dari pretest dan posttest yang telah diperoleh dicari perbandingan untuk menguji hipotesis penelitian. Selanjutnya diuji menggunakan uji analisis data uji Wilcoxon Sign Rank Test. Sehingga diperoleh hasil Z hitung= -2.032b serta Asymp Sig (2-tailed) = 0.042. Dengan begitu dapat diketahui bahwa model pembelajaran langsung dapat meningkatkan keterampilan membuat plastic bottle multipurpose rack.