Sikap Toleransi Siswa Berbasis Nilai Indahnya Keberagaman di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi SD Yari School Padang
Main Authors: | Intania, Intania, Sopandi, Asep Ahmad |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Universitas Negeri Padang
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/113236 |
Daftar Isi:
- Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk melakukan pengkajian tentangsikap toleransi siswa berbasis nilai indahnyaa keberagaman di sekolah penyelenggara pendidikan inklusii. Melalui lingkungan yang beragam inilah, peran sekolah dan guru sangat dibutuhkan untuk membentuk sikap siswa agar saling menghargai diantara keberagaman yang ada. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menekankan pada penjabaran secara naratif menggunakan kata-kata melalui fenomena dan kejadian yang terjadi secara alamiah. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi yang kemudian analisis data dilakukan dengan cara merangkum, menyajikan, dan menarik kesimpulannya. Data yang diperoleh dari hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki sikap toleransi terbagi menjadi empat karakter yaitu menerima atau mengakui keberagaman, menghargai atau menghormati , peduli atau memahami keberagaman, dan memiliki kesadaran untuk saling melengkapi. Sikap toleransi ini didapatkan melalui usaha guru yang menanamkannya menggunakan 3 cara berbasis nilai indahnya keberagaman yaitu melalui integrasi pembelajaran, problem Solving dan project based learning.