Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Multimedia Interaktif Ruba Bagi Anak Disleksia Kelas III Di SDN 153068 Pinangsori 1
Main Authors: | Rumapea, Monica, Zulmiyetri, Zulmiyetri |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Negeri Padang
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/112381 https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/112381/105185 https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/downloadSuppFile/112381/3853 https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/downloadSuppFile/112381/3854 |
Daftar Isi:
- Pembahasan penelitian ini tentang permasalahan yang ditemukan di SD N 153068 Pinangsori 1. Peneliti menemukan anak disleksia yang mempunyai kesulitan dalam membaca permulaan, khususnya pada membaca kata benda berpola KV-KVK. Tujuan penelitian ini ialah meningkatkan kemampuan membaca permulaan (membaca kata benda berpola KV-KVK) melalui multimedia interaktif ruba. Metodologi yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif metode eksperimen dengan pendekatan single subject research (SSR) dengan desain A-B-A dan menggunakan teknik analisis visual grafik. Variabelnya dianalisis menggunakan persentase, hasil analisis kemampuan membaca permulaan (membaca kata benda berpola KV-KVK) melalui multimedia interaktif ruba yaitu, pada kondisi baseline (A1), intervensi (B), baseline (A2) diperoleh hasil stabil pada skor 36%, 93%, dan 93%. Hasil penelitian yang diperoleh disimpulkan bahwa melalui multimedia interaktif ruba dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan (membaca kata benda berpola KV-KVK) bagi anak disleksia. Serta disarankan untuk guru agar menggunakan multimedia interaktif ruba sebagai media pembelajaran dalam membaca.