Meningkatkan Kemampuan Merawat Diri Dalam Keterampilan Menggosok Gigi Dengan Menggunakan Model Direct Instruction Pada Anak Tunagrahita Sedang

Main Authors: Putra, Muhammad, Kasiyati, Kasiyati
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Padang , 2019
Subjects:
Online Access: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/103809
http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/103809/101930
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas tentang peningkatan kemampuan menggosok gigi pada anak tunagrahita sedang.Permasalahannya anak tidak mampu menggosok gigi dengan langkah yang benar. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan bahwa model direct instruction dapat meningkatkan keterampilan menggosok gigi pada anak tunagrahita sedang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Hasil penelitian menunjukkan kondisi baseline (A1) sebelum diberikan perlakuan dalam peningkatan keterampilan menggosok gigi selama 5 hari dengan mean 40%, kecenderungan arah mendatar dan perubahan data mendatar. Kondisi intervensi (B) saat diberikan perlakuan dengan model direct instructionselama 8 hari dengan mean 75%, kecenderungan arah meningkat dan perubahan data meningkat. Kondisi baseline (A2) saat tidak lagi diberikan perlakuan selama 5 hari dengan mean 85%, kecenderungan arah meningkat dan perubahan data meningkat. Overlape data yang memiliki persentase rendah. Kesimpulannya model direct instruction efektif dapat meningkatkan keterampilan menggosok gigi pada anak tunagrahita sedang di SLB Limas..