Meningkatkan Kosakata Benda Melalui Media Pop Up Book Bagi Siswa Tunarungu kelas I di SLB Luak Nan Bungsu Payakumbuh

Main Authors: Ariyona, Chikita Bunga, Damri, Damri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Padang , 2019
Subjects:
Online Access: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/103302
http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/103302/101924
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kosakata benda siswa tunarungu. Permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pembelajaran kosakata benda di SLB Luak Nan Bungsu Payakumbuh kurangnya kepiawaian guru dalam memberi variasi dalam pembelajaran,guru hanya mengandalkan papan tulis dan spidol senjata terampuhnya. Hal ini tampak tidak bersemangatnya siswa saat proses pembelajaran kosakata benda, siswa tidak mampu mengetahui nama-nama benda- benda yang ada didalam kelas . Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini dilakukan untuk membuktikan media Pop Up Book dapat meningkatkan kosakata benda bagi siswa tunarungu. Metode penelitian yang peneliti pakai adalah Classroom Action Research. Hasil penelitian membuktikan bahwa media Pop Up Book dapat meningkatkan kosakata bagi anak tunarungu di SLB Luak Nan Bungsu Payakumbuh .