Model Explicit Intruction Dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Tempat Permen Dari Pita Kawat Bagi Anak Tunarungu
Main Authors: | Ningsih, Wulan Sari, Zulmiyetri, Zulmiyetri |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Padang
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/103135 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas tentang keterampilan vokasional membuat tempat permen dari pita kawat bagi anak tunarungu. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen. Tujuannya adalah untuk membuktikan model explicit intruction efektif digunakan dalam meningkatkan keterampilan vokasional membuat tempat permen dari pita kawat bagi anak tunarungu. Penelitian ini terdiri atas preteest, treatmen, serta postest. Kemudian digarap dan dibedakan memakai ujii Wilcoxon Rank Tast. Dari hasil penelitian data diperoleh rata-rata pada saat pretest yaitu 47,80 sedangkan untuk posttest terdapat peningkatan yakni menjadi 76,80. Data diolah lebih ilmiah menggunakan uji wilcoxon diperolah nilai rank tast antara pretest dan posttest 2,060 dengan Asymp. Sig (2-tailed) 0,039. Probabilitas yang telah ditetapkan α = 0,05. Hipotesis alternatif diterima karena probabilitas < dari probabilitas yang telah ditetapkan yakni 0,039< 0,05. Jadi terbukti bahwa penggunaan model explicit intruction dalam meningkatkan keterampilan vokasional membuat tempat permen dari pita kawat bagi anak hambatan pendengaran menjadi meningkat.