Efektivitas Media Pop-Up Book untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bagian-Bagian Tubuh pada Siswa Tunagrahita Ringan

Main Authors: Sari, Yuvika, Kasiyati, Kasiyati
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Padang , 2018
Subjects:
Online Access: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/101720
http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/101720/100633
Daftar Isi:
  • Artikel ini memuat tentang efektivitas media pop-up book untuk meningkatkan kemampuan mengenal bagian-bagian tubuh pada siswa tunagrahita ringan kelas I di SLB YAPPAT Lubuk Sikaping. Permasalahan yang ditemui yaitu seorang siswa tunagrahita ringan kelas I yang mengalami kesulitan dalam mengenal bagian-bagian tubuh, kesulitan yang dialami siswa diantaranya yaitu menunjukkan bagian-bagian tubuh, menyebutkan nama bagian-bagian tubuh serta mencocokkan gambar bagian-bagian tubuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk single subject research (SSR) dengan desain A-B-A. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis visual grafik. Berdasarkan hasil analisis dalam kondisi dan antar kondisi menyatakan bahwa kemampuan mengenal bagian-bagian tubuh siswa tunagrahita ringan meningkat secara positif setelah diberikan intervensi dengan menggunakan media pop-up book. Terbukti bahwa media pop-up book efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal bagian-bagian tubuh pada siswa tunagrahita ringan.