Media Stick Angka untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan 1 Sampai 5 bagi Anak Tunagrahita Ringan

Main Authors: Yunisa, Rizka, Fatmawati, Fatmawati
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Padang , 2018
Subjects:
Online Access: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/101652
http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/101652/100733
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan anak tunagrahita ringan melalui media stick angka. Permasalahan yang terjadi di kelas II/C SLB Negeri 1 Kubung, kab. Solok, yaitu terdapat seorang anak tunagrahita ringan yang kesulitan dalam pemahaman konsep bilangan, hal ini dibuktikan dari hasil pengamatan bahwa anak sudah mengenal lambang bilangan namun belum mengetahui makna dari bilangan tersebut. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini dilakukan untuk membuktikan bahwa media stick angka dapat meningkatkan pemahaman konsep bilangan untuk anak tunagrahita ringan. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan eksperimen single subject research (SSR) dengan desain A-B-A. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa media stick angka dapat meningkatkan pemahaman konsep bilangan bagi anak tunagrahita ringan di SLB Negeri 1 Kubung, kab. Solok.