PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND EQUITY TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN VARIABEL INTERVENING CELEBRITY ENDORSER (Studi pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo)

Main Author: Pramesti, Kusmiati Ayu; UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Manajemen , 2019
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/5703
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/5703/5111
Daftar Isi:
  • Perkembangan teknologi yang semakin canggih khususnya produk smartphonemenjadikan para perusahaan vendor smartphone bersaing untuk memenangkan pangsapasar di Indonesia. Masyarakat kini dalam memilih smartphone mendasarkan padaberbagai kriteria seperti halnya bagaimana citra merek, ekuitas merek, dan celebrityendorser yang digunakan oleh perusahaan vendor smartphone guna mempengaruhiminat beli. Oleh karena itu, perusahaan harus mampu menciptakan strategi yang tepatagar mempengaruhi minat beli masyarakat dengan menggunakan brand image danbrand equity serta celebrity endorser yang selanjutnya dapat mempengaruhi minat beli.Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejoyang memiliki minat beli produk smartphone Vivo. Sampel penelitian ini berjumlah 120orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumenpengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert yang terjawab lengkap,sesuai kriteria dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesisyang digunakan adalah regresi linier sederhana dan hierarchical regression analysis.Hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa variabel brand image,brand equity, dan celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadappurchase intention produk smartphone Vivo. Selain itu, celebrity endorser jugamemediasi secara parsial untuk pengaruh brand image dan brand equity terhadappurchase intention produk smartphone Vivo.Kata kunci: Brand Image, Brand Equity, Celebrity Endorser, Purchase Intention.