PENGARUH GREEN PERCEIVED VALUE, GREEN TRUST DAN GREEN PERCEIVED RISK TERHADAP GREEN PURCHASE INTENTION ( STUDI PADA KONSUMEN AIR CONDITIONER PANASONIC INVENTER DI KABUPATEN KEBUMEN)

Main Author: Nisfah, Amirotun; UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Manajemen , 2019
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/5467
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/5467/4998
Daftar Isi:
  • Berkembangnya industri dan teknologi saat ini menimbulkan dampak negatif yang memberikan sumbangan besar terhadap terjadinya pemanasan global. Dengan adanya dampak negatif tersebut mendorong masyarakat untuk menerapkan green consumersm. Meningkatnya kesadaran masyarakat ini memberikan tantangan bagi perusahaan untuk menerapkan green marketing dengan menciptakan green product seperti yang dilakukan oleh Panasonic dengan menciptakan AC Panasonic Inventer yang bertujuan meningkatkan keunggulan kompetitifnya atas pesaing-pesaing yang ada agar terbentukgreen purchase intention (minat beli konsumen) terhadap produk ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh green perceived value, green trust dan green perceived risk terhadap green purchase intention secara parsial pada konsumen AC Panasonic Inventer. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen AC Panasonic Inventer. Sampel yang diambil 120 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Instrumen utama yang digunakan untuk memperoleh data adalah kuesioner yang telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel green perceived value dan green trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap green purchase intention. Dan variabel green perceived risk berpengaruh negatif dan signifikan terhadap green purchase intention pada konsumen AC Panasonic Inventer. Kata kunci:green perceived value, green trust, green perceived risk, green purchase intention.