Pengaruh Brand Image dan Brand Trust terhadap Loyalitas Merek (Studi pada Konsumen Oli Prima XP di Purworejo)
Main Author: | Aji, Dimas Restu; UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Manajemen
, 2018
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/5149 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/5149/4727 |
Daftar Isi:
- Persaingan dibidang kelengkapan sepeda motor, seperti oli yang ada di Indonesia tidak dapat dihindari lagi. AHM MPX, Castrol, Evalube Pro, Federal, Motul, Enduro, Fastron, Repsol, Shell, TOP 1, Yamalube dan Prima XP merupakan berbagai merek oli yang mudah ditemukan di Indonesia. Banyaknya produsen tersebut tentunya mempunyai tujuan yang hampir sama dalam bidang pemasaran yaitu meraih pangsa pasar yang besar serta menciptakan pelanggan yang loyal terhadap suatu merek. Namun, pada kenyataannya membangun loyalitas merek bukanlah hal yang mudah. Terdapat berbagai faktor yang diasumsikan dapat mempengaruhi loyalitas, seperti brand image dan brand trust. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk menguji pengaruh brand image dan brand image secara parsial terhadap loyalitas merek.Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah konsumen Oli Prima XP di Purworejo. Cara pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 100 responden. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek, 2) brand trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek.Kata kunci: brand image, brand trust, loyalitas merek.