PENGARUH BRAND ORIGIN, BRAND AMBASSADOR DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT BELI SMARTPHONE OPPO DI PURWOREJO
Main Author: | Astuti, Devi Fitri; UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Manajemen
, 2018
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/5147 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/5147/4725 |
Daftar Isi:
- Fungsi smartphone yang beragam, menarik minat masyarakat untuk menggunakannya, ini terbukti dengan pengguna smartphone yang mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Banyaknya merek smartphone yang bermunculan dengan menawarkan fitur dan kualitas yang beragam membuat konsumen memiliki banyak pilihan dan minat beli konsumen semakin tinggi untuk membeli. Pada kenyataannya, saat ini konsumen cenderung membeli sebuah produk bukan sekedar karena produknya, namun karena brand origin, brand ambassador dan brand image dari produk tersebut.Penelitian ini menggunakan desain penelitian survei dengan cara membagikan kuesioner terhadap responden yang memiliki ketertarikan atau minat terhadap smartphone Oppo. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dinilai dengan skala likert yang masing-masing sudah dicoba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier berganda.Hasil analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel brand origin, brand ambassador dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli smartphone Oppo di Purworejo.Kata kunci : minat beli, brand, brand origin, brand ambassador, brand image