PENGARUH BRAND REPUTATION, BRAND COMPETENCE DAN BRAND LIKING TERHADAP TRUST IN BRAND SMARTPHONE SAMSUNG DI PURWOREJO
Main Author: | Rahmawati, Nia Dwi; UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Manajemen
, 2018
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/5140 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/5140/4719 |
Daftar Isi:
- Semakin ketatnya persaingan antar perusahaan smartphone di Indonesia. Masing-masing perusahaan bersaing untuk mempertahankan pelanggan. Situasi saat ini menuntut perusahaan agar mampu mempertahankan kepercayaan merek konsumennya. Berbagai cara dilakukan perusahaan untuk mempertahankan kepercayaan merek. Dengan meningkatkan brand reputation, brand competence dan brand liking maka konsumen akan memiliki kepercayaan pada merek (trust in brand). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh brand reputation, brand competence, dan brand liking terhadap trust in brand smartphone Samsung di Purworejo.Penelitian ini menggunakan desain penelitian survei terhadap responden dengan cara membagikan kuesioner terhadap pengguna smartphone Samsung di Purworejo. Sampel yang diambil 100 responden. Pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dinilai dengan skala Likert yang masing-masing sudah diuji dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier berganda.Hasil analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel brand reputation, brand competence dan brand liking berpengaruh positif dan signifikan terhadap trust in brand smartphone Samsung di Purworejo.Kata kunci : brand reputation, brand competence, brand liking, trust in brand