PENGARUH COMMUNITIZATION DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HIJAB EL-ZATTA (Survey Pada Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Main Author: | Lestari, Titi; UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Manajemen
, 2018
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/5128 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/5128/4706 |
Daftar Isi:
- Communitization adalah sebuah komunitas dalam suatu produk yang berdiri atas inisiatif sendiri ataupun strategi perusahaan dalam melakukan strategi pemasaran. Selain itu dapat mempengaruhi keputusan pembelian seseorang dalam pembelian. Tidak hanya communitization, namun pada perkembangannya kebutuhan konsumen terutama hijab erat kaitannya dengan perubahan pola gaya hidup. Kebutuhan untuk memaksimalkan seseorang dalam mengoleksi hijab agar terus mengikuti model busana terbaru sehingga terbentuknya gaya hidup pada diri seseorang. Sedangkan peran dari hijab El-Zatta bagi communitization sangat berkaitan dengan model-model hijab yang sering diterapkan oleh communitization, produk dari hijab El-Zatta sesuai dengantrend anak muda di masa sekarang.Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh Communitization dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Hijab El-Zatta ” (Survey Pada Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Purworejo). Penelitian ini menggunakan desain penelitian survei terhadap responden dengan cara membagikan kuesioner terhadap mahasiswi Universitas Muhammadiyah Purworejo pembeli hijab El-Zatta. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yakni mahasiswi Universitas Muhammadiyah Purworejo. Sampel yang diambil 50 responden dengan kriteria mahasiswi pengguna produk hijab dari El-Zatta di Universitas Muhammadiyah Purworejo yang memiliki batas usia diatas 17 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Instrumen utama yang digunakan untuk memperoleh data adalah kuesioner yang disusun secara sistematis berisi beberapa pernyataan yang diberikan kepada responden yang telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan Regresi Linier Berganda dan pengujian hipotesis menggunakan Uji Signifikansi parsial.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel Communitization dan Gaya Hidup berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Hijab El-Zatta. Oleh karena itu perusahaan perlu menciptakan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perilaku keputusan pembelian konsumen.Kata Kunci : Communitization, Gaya Hidup dan Keputusan Pembelian