PENGARUH POTONGAN HARGA DAN PAKET BONUS TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA KONSUMEN INDOMARET
Main Author: | Anggraini, Risqi Dwi; UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Manajemen
, 2018
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/5122 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/5122/4700 |
Daftar Isi:
- Perkembangan bisnis ritel di Indonesia sudah semakin pesat. Salah satu cara untu kmenarik para konsumen dengan cara promosi penjualan. Promosi penjualan membuat ritel menjadi tempat untuk menjual sekaligus membangun merek dan juga dapat menciptakan pembelian impulsif serta memperkaya pengalaman berbelanja bagi konsumen. Promosi penjualan akan membuat pembelian impulsif dari konsumen semakin mudah terbentuk. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh potongan harga dan paket bonus terhadap pembelian impulsif.Populasi penelitian ini adalah orang yang berdomisili di Purworejo, dengan sering melakukan pembelian di Indomaret, sampel penelitian ini berjumlah 120 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang masing-masing sudah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier berganda.Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan hasil potongan harga berpengaruh positif terhadap pembelian impulsif. Paket bonus berpengaruh positif terhadap pembelian impulsif, sehingga hipotesis terbukti.Kata kunci: Potongan Harga, Paket Bonus, Pembelian Impulsif