PENGARUH BRAND EXTENSION TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MEREK CITRA DI PURWOREJO
Main Author: | Rizqi, Yulia; UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Manajemen
, 2018
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/5118 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/5118/4696 |
Daftar Isi:
- Persaingan pemasaran produk saat ini sangat dinamis, dimana setiap saat baik melalui koran, majalah, radio, televisi, hingga internet kita dapat melihat produk baru diluncurkan seolah tidak pernah berhenti. Produk-produk yang ditawarkan begitu beragam dengan merek yang bervariasi. Untuk meminimalisir risiko tidak diterimanya produk baru atau hasil inovasi dan mengatasi kesulitan konsumen dalam mengingat merek dari sebuah produk, maka perusahaan atau pemasar dapat menggunakan strategi merek, yaitu strategi brand extension. Strategi brand extension akan sukses jika memperhatikan similarity, reputation, perceived risk, dan innovativeness. Pelanggan mendemonstrasikan loyalitas mereka pada suatu perusahaan atau merek dengan membeli berulangkali, membeli produk tambahan perusahaan tersebut, dan merekomendasikannya pada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh: (1) similarity terhadap loyalitas pelanggan; (2) reputation terhadap loyalitas pelanggan; (3) perceived risk terhadap loyalitas pelanggan; dan (4) innovativeness terhadap loyalitas pelanggan; (5) brand extension terhadap loyalitas pelanggan.Populasi penelitian ini adalah semua konsumen produk Citra yang ada di Purworejo. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 110 responden yang ditentukan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Instrumen telah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda.Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa dimensi similarity, reputation, perceived risk, dan innovativeness secara individu maupun secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan merek Citra di Kabupaten Purworejo.Kata kunci: brand extension, similarity, reputation, perceived risk, innovativeness, loyalitas pelanggan